Teknologi Hijau Daihatsu Harapan Terbesarku

Selamat malam :D
Pada postingan saya kali ini , saya akan membahas tentang teknologi hijau bersama Daihatsu . Yup sama seperti judul postingan saya hehe
Tapi untuk apa sih kita mbahas soal ini ? Emang penting ya ?
Yaaaa tentu saja penting , mengingat keadaan bumi kita yang semakin jauh dari kata Hijau .
Saya bisa bicara seperti itu karena saya mengalaminya sendiri . Saya hidup di Jakarta , yang penuh dengan hiruk pikuknya.
Inilah gambar jakarta yang diambil pada waktu pagi , siang , sore , dan malam hari :

Jakarta Waktu Pagi


Jakarta Waktu Siang

Jakarta Waktu Sore

Jakarta Waktu Malam


Nah dari gambar gambar tadi bisa dilihat dan dibayangkan kan ? berapa banyak polusi yang dhasilkan oleh kendaraan di Jakarta setiap harinya . Sungguh sangat menyeramkan  :(


PENYEBAB POLUSI UDARA

Sebenarnya penyebab polusi udara tidak hanya berasal dari aktifitas kendaraan saja, namun ada banyak hal diantaranya :
  • Industri
  • Pembangkit Listrik
  • Pembakaran
  • Gas buang pabrik
  • Gunung berapi
  • Kebakaran hutan
  • dll
Banyak juga yah penyebab polusi udara . Namun , diperkirakan 70% penyebab pencemaran udara diakibatkan oleh kendaraan bermotor (Mobil , Motor , Bis, dll)  . Sedangkan peningkatan kendaraan bermotor setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan yang signifikan .

DAMPAK POLUSI UDARA

Polusi udara sangat berdampak buruk untuk berbagai aspek kehidupan kita . Diantaranya :
  • Gangguan kesehatan :
  1. Gangguan pernafasan -> penyakit paru-paru  , sakit tenggorokan , sesak nafas , dll
  2. Terganggunya fungsi reproduksi
  3. Terjadinya Stress
  4. Gangguan sistem imunitas tubuh
  5. Penurunan kemampuan mental anak
  6. dll
  • Hujan Asam
  • Penipisan Ozon
  • Global Warming (Pemanasan Global)


APA YANG HARUS KITA LAKUKAN ?

Ini adalah  PR kita bersama . Bagaimana agar masalah polusi ini dapat teratasi atau minimal mengurangi pertumbuhannya agar tidak bertambah parah .
Mungkin kita bisa menerapkan beberapa cara dibawah ini :

  • Jalan kaki
Jalan kaki , aku biasa melakukannya setiap pagi saat akan berangkat ke kantor . Kegiatan itu rutin aku lakukan dari hari Senin sampe hari Jumat  dan pulang pergi , jarak dari kosan dan kantor aku sekitar 20 menit waaa lumayan jauh kan . Mungkin aku melakukan itu karena aku tidak punya kendaraan , eh tapi ngga juga , sebenarnya aku bisa menggunakan kendaraan umum , tapi kalo naik kendaraan umum malah lebih jauh dan juga macet jadi pastinya bakal menghabiskan waktu lebih lama lagi . Jadilah aku memilih berjalan kaki selain untuk olahraga bisa untuk refreshing juga karena sepanjang perjalanan menuju  kantorku aku memasuki kawasan yang jalanannya banyak ditanami tumbuh tumbuhan hijau yang jarang aku jumpai di Jakarta :D
ini salah satu foto yang aku ambil , ketika aku sedang berjalan menuju kantor dan menyempatkan diri bernarsis ria hehehehe


  • Melakukan Penghijauan( Go green )
Ayo semangat melakukan penghijauan !!!! karena seperti yang kita tau , bahwa tumbuhan menyerap gas karbondioksida atau CO2 , dan menghasilkan oksigen dari proses fotosintesis , pokonya lingkungan akan terasa sejuk jika banyak tumbuh tumbuhan hijau :D
Mulailah melakukan penghijauan dari hal kecil seperti menanam tumbuhan pada halaman rumah kita . Aku sudah melakukannya dari kecil loh :D ini foto aku ketika masih SMP sedang berada di halaman rumah yang penuh dengan warna hijau hehehe


  • Menggunakan kendaraan umum
Mungkin sebagian orang merasa malas menggunakannnya karena selain penuh , rawan kejahatan juga .
Namun mungkin bisa dijadikan alternatif untuk mengurangi polusi udara karena berkurangnya kendaraan yang berada di jalanan .
Dan ini foto aku saat menggunakan kendaraan umum.



DEFINISI TEKNOLOGI HIJAU

Suatu teknologi gabungan antara ilmu yang ramah lingkungan dengan teknologi modern , yang diciptakan untuk mengurangi dampak negatif dari kegiatan manusia di bumi ,  tidak meracuni lingkungan hidup , namun masih berfungsi untuk mempermudah kegiatan manusia .

APA MANFAATNYA

  1. Menjaga kelestarian lingkungan
  2. Menjaga keberlanjutan kehidupan di bumi di masa yang mendatang
  3. Memelihara sumber daya alam
  4. Mengelola dampak negatif dari kegiatan manusia
  5. Mengurangi emisi karbon ke udara yang menyebabkan perubahan iklim global
INOVASI DAIHATSU DENGAN MOBIL TEKNOLOGI HIJAU

Dengan slogannya Innovation for tomorrow , Daihatsu benar benar membuat inovasi yang sangat hebat dan membanggakan yaitu dengan membuat mobil berteknologi hijau (Green Tech) .
Hal ini tentunya sangat ditunggu bagi kita yang saat ini memang merindukan lingkungan yang bersih dan tidak tercemar polusi .
Dari sekian banyak cara mengurangi polusi yang sudah saya jelaskan di atas tadi , menurut saya INOVASI TEKNOLOGI HIJAU DAIHATSU inilah yang menjadi HARAPAN TERBESAR SAYA , sebagai cara yang paling ampuh untuk mengurangi polusi tanpa harus menghambat kegiatan dan aktivitas kita.
Karena kita sendiri tau , kendaraan sangatlah mempunyai peranan penting dalam mendukung aktivitas dan kegiatan kita setiap hari.
Nah !  seperti apa mobil berteknologi hijau buatan Daihatsu tersebut ?
ini dia penampakannya
 Daihatsu adalah  spesialis produsen mobil kompak/kecil , Daihatsu ini telah berkiprah selama 105 tahun di dunia. Selama itu Daihatsu telah mengembangkan berbagai teknologi untuk menghadirkan produk yang berkualitas, harga terjangkau dan ramah lingkungan. Untuk mengembangkan teknologi masa depan.Daihatsu memiliki tiga tahapan dalam mengembangkan teknologi hijaunya :

TAHAPAN PENGEMBANGAN TEKNOLOGI HIJAU DAIHATSU

3 Tahap Pengembangan Teknologi Hijau




  1. Eco-IDLE Technology

Sistem Eco-IDLE ini mampu mengatur pola hidup dan mati mesin . Mesin akan mati secara otomatis apabila berada pada kecepatan dibawah 7km/jam . Sehingga dengan demikian , penggunaan bahan bakar dapat berkurang hingga 10 % .

Lumayan kan :)

Wah sepertinya sistem ini sangat cocok digunakan di Indonesia , mengingat Ibu Kota Indonesia juga terkenal dengan macetnya hehehehe

Ada juga sistem i-EGR (Ion-Exhaus Gas Recirculation) yang mampu menghasilkan pembakaran sempurna, dan akan menghasilkan emisi gas CO2 yang rendah. Aplikasi system i-EGR secara prinsip adalah mengurangi emisi Nitrogen Oxide (NOx) , EGR bekerja dengan sirkulasi kembali sebagian gas buang mesin menuju silinder mesin.

Wah sangat canggih ya :D dengan begitu selain bisa menghemat penggunaan bahan bakar yang sekarang ini semakin berkurang stoknya , juga dapat mengurangi polusi udara karena dengan pembakaran sempurna dapat menghasilkan emisi gas CO2 yang rendah.

Eco-IDLE


    2.  2 Cylinder Turbocharged Direct Injection

Teknologi yang diciptakan Daihatsu pada mobil teknologi hijaunya kali ini , dengan menggunakan komponen yang lebih sedikit , yaitu dengan mesin 2 turbocharged  . Sehingga lebih ringan dan menggunakan sumber daya alam yang lebih sedikit pula.  Dengan "Active Ignition System" dan berbagai Improvement lainnya,Daihatsu bertujuan untuk mencapai tingkat efisiensi bahan bakar lebih dari 30% dibandingkan mesin-mesin Daihatsu saat ini. Dengan menggunakan sistem turbo,Daihatsu akan mewujudkan kenyamanan berkendara dan efisiensi bahan bakar meskipun dengan mesin ber-cc rendah.

Hal ini tentu saja merupakan teknologi hijau karena Daihatsu sangat meminimalisir sumber daya alam , dengan penggunaan  kompenen mesin yang efisien pada ciptaannya kali ini namun tetap berkualitas tinggi tentunya :D

2-Cylinder Turbocharged Direct Injection


  3. Precious Metal-Free Liquid - Feed Fuel Cell
Ini adalah tahap ketiga dari pengembangan kendaraan teknologi hijau ciptaan Daihatsu , dimana emisi gas CO2 Nol . Mengapa bisa seperti itu ?
Karena Daihatsu akan membuat sumber energi baru melalui penggunaan bahan bakar cair Hidrazin Hidrat untuk aki mobil. Hidrazin Hidrat adalah pencampuran air dan hidrogen. "Zat ini memiliki daya energi yang tinggi dan tidak menghasil CO2 .
Dari sini kita bisa melihat kalau produk Daihatsu ini memang sungguh ramah lingkungan dan benar benar teknologi yang hijau :)

Daihatsu juga mengembangkan teknologi Precious metal free , yaitu menciptakan kendaraan dengan menggunakan sumber daya alam yang lebih sedikit dan biaya yang lebih rendah karena tidak mengandung logam mulia.

oh iya satu lagi yang tidak boleh ketinggalan , teknologi hijau daihatsu ini mempunyai jarak tempuh yang lebih jauh dibandingkan teknologi fuel cell lain .

Precious Metal-Free Liquid-Feed Fuel Cell

Nah itu tadi sekilas mengenai teknologi Hijau Daihatsu . Sudah kebayang kan ? bagaimana kehebatannya .
Kendaraan ini merupakan kendaraan idaman pada masa seperti sekarang ini .
Masa yang bagaimana ?
Ya masa dimana udara sudah tercemar oleh emisi Kendaraan .
Seperti kita ketahui , bahwa penyebab terbesar dari polusi udara adalah emisi gas buang kendaraan yang berupa CO2.
Nah teknologi ini justru memiliki emisi CO2 nol persen sungguh ramah lingkungan bukan :)
Selain ramah lingkungan teknologi ini juga terjangkau di kantong loh hehehehe , tapi jangan kawatir , untuk masalah mutu dan kualitas tetep terjamin dong :D

Tapi kayaknya masih kurang deh , kalo belum bahas yang satu ini .

DAIHATSU AYLA

 Daihatsu Ayla adalah mobil yang  menjadi cikal bakal mobil murah ramah lingkungan (Low Cost Green Car/LCGC) keluaran PT  Daihatsu . Selain ramah lingkungan , mobil kompak ini juga pas di kantong loh jadi tidak perlu kawatir hehehehe . Selain itu ukurannya yang kompak dan penampilannya yang atraktif juga menjadi nilai tersendiri bagi Mobil Daihatsu Ayla ini .
Nah untuk lebih detailnya  , ini dia :


  • Meskipun berukuran kompak , namun mobil Daihatsu Ayla ini memiliki Kabin yang luas

kabin yang luas
  • Daihatsu Ayla memiliki design Dashboard dan konsol tengah yang sederhana namun modern sehingga mudah dimengerti dan dipahami fitur fiturnya .

  • Bagasi yang luas sehingga sanggup membawa barang bawaan yang banyak
bagasi
  • Panel Instrumen dengan bergaya sporty dan dilengkapi dengan dengan trim komputer

  • Transmisi otomatis menawarkan kenyamanan berkendara terutama pada saat macet

Transmisi otomatis



  • Mesin Daihatsu Ayla
mesin Daihatsu Ayla
  • Tampilan  Daihatsu Ayla



Nah , itu tadi sedikit penjelasan mengenai Teknologi Hijau Daihatsu yang ramah lingkungan , pas di kantong ,  pas di hati , dan tetap berkualitas tinggi tentunya :D
Selamat untuk Daihatsu yang berhasil menciptakan suatu produk yang sungguh mengagumkan :)
Ditunggu lagi produk produk hebat lainnya .
Seperti slogannya Innovation for tomorrow !
Sekian , semoga bermanfaat untuk kita semua :D



Terima kasih 

 Prila Sati Firdatianegara









4 komentar: